Waspada corona,Lindungi Keluarga,Tingkatkan Hidup Sehat

Thursday, February 20, 2020

Tata cara mengisi Sensus Penduduk 2020 Online menggunakan Android



Jadwal Sensus Penduduk 2020
1.    Sensus Penduduk 2020 akan diawali dengan sensus penduduk secara mandiri oleh masyarakat dan online di laman https://sensus.bps.go.id/  yang bisa dilakukan mulai bulan Februari hingga akhir Maret 2020.
2.    Sensus penduduk Wawancara dilaksanakan bulan Juli 2020, diantaranya verifikasi lapangan, pemeriksaan daftar penduduk, pencacahan lengkap.
3.    Pencacahan Sampel Pengumpulan data dan informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan parameter demografi dan indikator sosial lainnya (82 pertanyaan) dilakukan pada Juli 2021.
Sebelum mengikuti sensus penduduk secara online ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan diketahui oleh masyarakat.
1.       1.Menyediakan KTP, KK, dan akte pernikahan/perceraian jika memiliki.
2.       2.Pastikan NIK dan kode akses yang diinput sudah benar. Kode Akses ditulis dengan huruf besar semua.
3.       3.Data administrasi kependudukan yang menjadi data dasar sensus penduduk 2020 adalah kondisi bulan Juni 2019. Sehingga salah satu kemungkinan terjadinya situasi yang Bapak/Ibu alami karena Bapak/Ibu telah memperbarui data NIK dan KK (misalnya pecah KK atau gabung KK) setelah Juni 2019. Bapak/Ibu dapat menghubungi contact center kami di 2020 atau membuka layanan chat dengan petugas kami di aplikasi sensus.bps.go.id
4.       Seluruh anggota dalam daftar Kartu Keluarga (KK) dapat masuk dan mengisi Sensus Penduduk Online dengan menggunakan NIK masing-masing dan Kode Akses.
5.       Dapat menambahkan anggota keluarga yang belum tercatat di kartu keluarga dengan catatan anggota keluarga baru tersebut tinggal bersama Bapak/Ibu.

Sekarang mari kita mulai proses Sensus Penduduk Online 2020,
Siapkan Kartu Keluarga
Buka browser Google Chrome pada HP Android anda
Silakan masuk ke website Sensus Penduduk 2020 di https://sensus.bps.go.id/ , kemudian isi identitas (seperti NIK dan nomor KK). Situs baru dapat dapat diakses pada tanggal 15 Februari -  31 Maret 2020
Masukkan NIK dan no KK,Klik cek keberadaan



Membuat Password
                     Password ini dibutuhkan untuk mengamankan data yang Anda isi di Sensus Penduduk Online
                     Buatlah password yang aman dan mudah diingat
                     Password yang aman terdiri dari huruf dan angka, serta minimal 6 karakter dan maksimal 15 karakter
                     Password dapat digunakan bersama-sama oleh anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK)
                     Pertanyaan keamanan dibuat untuk melakukan reset password ketika Anda lupa password


Selanjutnya Klik Buat Password lalu muncul seperti di bawah untuk selanjutnya mengisi sensus. Klik Mulai mengisi

  • Waktu pengisian per orang rata-rata 5 menit
  • Siapkan Kartu Keluarga/KTP/buku nikah/dokumen cerai/surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan.
  •  Apabila ingin menyimpan data sementara silakan tekan tombol “simpan sementara”. 

Akan muncul seperti gambar di atas keterangan keluarga, berisi nama-nama keluarga yang tertera di Kartu Keluarga.
Selanjutnya Anda tinggal mengisi Alamat Tinggal Keluarga saat ini. Untuk nama  Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa hingga RT dan Dusun akan disediakan pilihan yang akan muncul secara otomatis pada sistem. Untuk nama jalan dan nomor rumah diisi manual. Selanjutnya klik Lanjut untuk mengisi atau menambah data anggota keluarga yang tinggal bersama. 

Apabila ada anggota keluarga yang seharusnya ada di dalam keluarga, ataupun keluarga baru, tambahkan ke dalam daftar keluarga di bawah.


Langkah selanjutnya cukup panjang dengan mengklik pilihan serta isian dari anggota keluarga yang tertera dan yang sudah ditambahkan Silakan dilanjutkan mengisi data keterangan anggota keluarganya dengan teliti ya...
Berikutnya langkah terakhir adalah mengirim data yang sudah diisi,Perhatikan status data, jika sudah tercentang hijau atau sudah update berarti sudah lengkap dan siap dikirim. Klik Kirim

Langkah terakhir mengunduh bukti bahwa kita telah melakukan sensus penduduk 2020 secara online.Simpan bukti tersebut,jika d perlukan print out untuk arsip kita ke depan.
 
Catatan:

  1. Jika berniat mengikuti Sensus secara online usahakan menggunakan jaringan internet yang stabil.bisa juga menggunakan laptop atau komputer untuk kelancaran proses sensus online.
  2. Gunakan browser gunakan browser Google Chrome karena jika browser yang lain kemungkinan data tidak tersimpan.




    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments